Rabu, 04 November 2015

Tips dan Trik Mengerjakan Evaluasi PATI

Tips dan Trik Mengerjakan Evaluasi PATI

           Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi atau biasa disingkat PATI dan lebih dikenal dengan istilah Pelatihan APLINET (Pelatihan Aplikasi Internet) adalah suatu kegiatan pelatihan yang diwajibkan bagi mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan mengenai segala yang berhubungan dengan teknologi informasi, khususnya teknologi informasi yang ada di UMM. Dalam kegiatan ini akan disampaikan diantaranya adalah materi tentang internet, browsing, layanan teknologi informasi di UMM (seperti e-mail, blog dan e-learning), layanan teknologi informasi secara umum (seperti search engine, online document dan hosting) serta microsoft office khususnya microsoft word, excel dan powerpoint.
Langsung saja, Berikut adalah tips dan trik mengerjakan evaluasi PATI :
1. Ikuti pembelajaran secara seksama. Ketika di lab. perhatikanlah dengan baik apa yang disampaikan oleh instruktur. Fokus dan ikuti instruksinya, tentunya ini akan membantu anda dalam mengerjakan soal evaluasi.
2. Bacalah modul. Walaupun instruktur baru menyampaikan materi BAB I, alangkah baiknya anda 'membalap' dengan membaca materi bab selanjutnya. Karena soal-soal di evaluasi tidak bergantung pada materi terakhir yang dijelaskan instruktur. Akan ada soal yang jawabannya 'nyebar' di modul.
3. Manfaatkan referensi. Nah, saya tidak tahu apakah ini halal atau enggak, tidak ada larangannya sih :D Ketika mengerjakan soal, dan anda menemukan soal yang sulit, cobalah membuka modul. Namun bila anda merasa malas mencari di modul, anda bisa memanfaatkan google.
4.Baca Doa terlebih dahulu.
Setiap do’a pasti bermanfaat. Setiap do’a pasti akan diberi yang terbaik oleh Allah menurut-Nya. Jadi jangan putus untuk terus memohon.
5. Kerjakan dengan tenang. Pada evaluasi pertama, ada 51 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 50 menit. Artinya dalam 1 menit setidaknya harus bisa mengerjakan 1 soal. Namun jangan khawatir, ini bukan soal eksakta atau hitung-hitungan. Waktu 1 menit cukup untuk mengerjakan lebih dari 1 soal. Jadi tidak perlu terburu-buru dalam mengerjakannya.
6. Bagi menjadi dua tab. Tips yang selanjutnya  dapat dari instruktur. Misal soal ada 51, maka klik kanan di nomor 26, klik 'buka di tab baru'. Maka akan ada dua tab yang membagi soal. Jika anda selesai mengerjakan satu tab lalu mengklik 'next', pindahlah ke tab yang satunya selagi menunggu loading. Dengan begitu pengerjaan akan lebih efektif.
7.Sebisa mungkin mengambil foto setiap soal pada kesempatan pertama
Tips terakhir ini jika teman-teman sekiranya masih ragu dengan jawabannya, agar nanti dapat mengulangi atau memperbaiki pada kesempatan kedua.

Sekian tips dan trik dari saya, ada kurangnya saya mohon maaf ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar